About

http://www.siahaanandreas.blogspot.com

Panorama Huta Ginjang

huta-ginjangDASAR HUKUM, LETAK DAN LUAS

Taman Wisata Sijaba Hutaginjang merupakan kawasan Taman Wisata yang termuda di Propinsi Sumatera Utara. Sebelumnya status kawasan ini adalah Hutan Produksi Terbatas sebagaimana ditetapkan Menteri Pertanian dalam Surat Keputusan No. 923/Kpts/Um/12/1982 tanggal 27 Desember 1982. Barulah pada tahun 1993, tepatnya tanggal 5 Oktober 1993 melalui Keputusan Menteri Kehutanan No. 592/Kpts-II/1993 statusnya dialihkan menjadikan Kawasan Taman Wisata dengan luas kawasan sekitar 500 Ha.

Secara administratif pemerintahan, kawasan ini terletak di Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara. Untuk mencapai lokasi ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Waktu tempuh yang diperlukan sekitar 6 jam dengan route perjalanan dari Medan menuju Balige dan berakhir di Sosor Lumban sejauh lebih kurang 350 km.

TOPOGRAFI

Pada umumnya keadaan topografi lapangan Taman Wisata Sijaba Hutaginjang datar hingga bergelombang sedang dengan ketinggian 900 - 100 m dpl.

IKLIM

Berdasarkan klasifikasi Schmidt dan ferguson, Taman Wisata Sijaba Hutaginjang termasuk ke dalam klasifikasi type B dengan curah hujan rata-rata pertahun 2.000 s/d 3.000 mm. Suhu udara minimum 15o C dengan kelembaban rata-rata berkisar antara 90 - 100%.

FLORA DAN FAUNA

Kawasan wisata ini terdiri dari dua kawasan yang terpisah yaitu Sijaba dan Hutaginjang. Untuk menuju ke taman wisata ini dapat menggunakan mobil atau kendaraan probadi. Merupakan kawasan hutan reboisasi yang didominasi oleh Pinus Merkusii, jenis tanaman yang lain hampir tidak ada.

Jenis fauna kurang banyak ditemui, karena hutannya adalah murni pinus, namun demikian jenis satwa yang umum terdapat seperti monyet, babi hutan, ayam hutan, berbagai jenis burung seperti belibis, elang, kutilang dsb.

Leave a Reply